PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AGAMA HINDU

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AGAMA HINDU
(PTK pada Siswa Pasraman Saraswati Way Halim Bandar Lampung)

Oleh:
Suyono
STAH Lampung

Abstrak: Debat aktif mengajak siswa mengekplorasi pengetahuannya,
mempertahankan pendapat yang dimiliki masing–masing kelompok, baik itu
kelompok pro ataupun kontra, dari pertanyaan kontroversi yang diberikan oleh
guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa selama menerapkan pembelajaran debat aktif. Penelitian
ini, dilakukan di kelas XI Pasraman Saraswati Way Halim Bandar Lampung, pada
Semester Genap tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini memnggunakan desain
penelitian tindakan kelas untuk siswa 20 orang. Tindakan kelas meliputi tiga
siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh (1) Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 76
% terkategori aktif, siklus II sebesar 89 % terkategori aktif dan siklus III sebesar
97% terkategori aktif. (2) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah
sebesar 71 tergolong baik, pada siklus II nilai rata-rata sebesar 77 tergolong baik
dan pada siklus III adalah 83 tergolong sangat baik. (3) Pengelolaan pembelajaran
guru di kelas pada siklus I yaitu 70 % dengan predikat baik, siklus II sebesar 80 %
dengan predikat baik sekali dan siklus III sebesar 88 % dengan predikat baik
sekali. Terjadi peningkatan aktivitas, hasil belajar siswa dan pengelolaan
pengajaran guru setiap siklus belajar. Dengan demikian maka secara umum dapat
disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran debat aktif dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa serta meningkatkan pengelolaan pembelajaran
guru dalam kelas.
Kata Kunci: Debat Aktif, Aktivitas dan Hasil Belajar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *