MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE TEAM TEACHING: STUDY DI SMP UTAMA WACANA 8

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN
METODE TEAM TEACHING: STUDY DI SMP UTAMA WACANA 8

Oleh :

Ni Gusti Ayu Made Afrianti
STAH Lampung

Abstrak: Keaktifan siswa merupakan salah satu unsur penting dalam menentukan
kesuksesan belajar. Dalam kenyataannya metode ceramah yang sering digunakan
dalam kegiatan pembelajaran di kelas tidak dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas untuk
meningkatkan metode yang dapat mengatasi siswa yang kurang aktif belajar.
Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran
Team Teaching yaitu pembelajaran yang kegiatan proses pembelajarannya
dilakukan oleh lebih dari satu orang guru. Tujuan aktifitas ini adalah menguasai
penggunaan model pembelajaran team teaching untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu pada kelas VIII
di SMP Utama Wacana 8. Proses belajar dinyatakan berhasil apabila rata-rata
aktivitas belajar siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80 %.
Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 75 % dari keseluruhan siswa yang telah
mendapat nilai minimal 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
Team Teaching ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Di lihat
dari penilaiaan On Task siswa di siklus 1 sampai siklus 3 tampak bahwa aktivitas
belajar siswa yang pada mulanya 24% naik menjadi 66%. Penilaiaan Off Task
siswa dari siklus 1 sampai siklus 3 menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang pada

awalnya 4% turun menjadi 1%. Dan hasil penilaiaan siswa pada saat praktek
Bhagawad Gita dari siklus 1 sampai siklus 3 tampak bahwa terjadi kenaikan yaitu
pada awalnya mendapatkan skor nilai rata-rata 5 naik menjadi 7. Pada penerapan
metode Team Teaching dengan dua guru, nilai rata-rata yaitu 6, sedangkan nilai
rata-rata siswa pada penerapan metode Team Teaching dengan tiga guru yaitu 7.
Uji t pada taraf nyata 5 % menunjukkan bahwa nilai rata-rata tersebut berbeda
sangat nyata. Artinya, penerapan metode Team Teaching dengan tiga guru
menghasilkan nilai rata-rata siswa lebih besar dari pada nilai rata-rata siswa pada
team teaching dua guru.
Kata Kunci : Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar dan Metode Team Teaching.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *